header-rev-trakhir

Dampak Buruk Dari Oksidasi

Masalah kesehatan semakin mendapatkan perhatian serius, tingkat oksidasi oleh radikal bebas dan masalah polusi lingkungan menggiring manusia kepada masalah serius, kesehatan yang semakin memburuk. Apa saja pengaruh proses oksidasi dan radikal bebas terhadap kesehatan hidup kita, marilah kita lihat ulasan berikut ini.

Sepanjang hidupnya semua makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk proses metabolisme di dalam tubuhnya, Oksigen merupakan unsur yang paling penting bagi makluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, tanpa reaksi oksidasi dari Oksigen kehidupan itupun berakhir.

Reaksi oksidasi menghasilkan produk baru yaitu radikal bebas. Radikal bebas ini sifatnya merusak sel tubuh kita, tetapi kita tidak dapat menghindari radikal bebas karena proses metabolisme tubuh selalu menghasilkan radikal bebas. Selain radikal bebas hasil reaksi oksidasi di dalam tubuh makluk hidup, di lingkungan hidup kita juga tidak lepas dari paparan radikal bebas yang berasal dari makanan, udara, air, pola hidup dan stres. Intinya radikal bebas bersifat merusak dan ada di mana-mana.

Apabila keseimbangan antara radikal bebas dengan antioksidan tidak terjaga, kondisi ini dikenal dengan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah kondisi di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melampaui kapasitas kemampuan tubuh untuk menetralisirnya. Akibatnya intensitas kerusakan yang ditimbulkan radikal bebas menjadi semakin hebat, dimulai dari kerusakan tingkat sel, jaringan, sampai kepada kerusakan organ tubuh, yang akhirnya memicu penuaan dini dan timbulnya berbagai penyakit, termasuk salah satunya adalah kanker.

Kerusakan yang disebabkan radikal bebas tidak langsung terdeteksi, tetapi berpengaruh buruk terhadap kesehatan kita secara keseluruhan. Inilah awal timbulnya penyakit yang menggerogoti kesehatan dan hidup kita. Radikal bebas bisa diumpamakan sebagai karat yang merusak sel tubuh kita, seperti kita ketahui seluruh bagian tubuh kita terbangun dari sel, sehingga dapat dipahami kesehatan kita pun menjadi terancam.

bahaya-radikal-bebas

Sekurang-kurangnya ada 50 jenis penyakit yang diakibatkan oleh pengaruh buruk radikal bebas; penyakit tersebut antara lain, penuaan dini, penyakit jantung, pengerasan dan penyempitan pembuluh nadi, penyakit parkinson, penyakit Alzheimer, radang sendi, penyakit degeneratif mata, kanker, peradangan otak, stroke, Emfisema paru-paru, Diabetes Mellitus, penyakit rematik, osteoporosis, tukak, katarak, penyakit Crohn, demensia, asma, arthritis, aids, anemia, hipertensi, lupus dan segala macam penyakit!

Radikal Bebas Bepengaruh Besar Pada Proses Penuaan

Pada dasarnya semua sel jaringan organ tubuh bisa melawan pengaruh buruk dari radikal bebas, tetapi seiring dengan peningkatan usia, kemampuan tubuh untuk melawan pengaruh buruk radikal bebas semakin lama semakin melemah, konsekwensinya adalah terjadinya kerusakan jaringan secara berangsur-angsur yang ditandai dengan proses penuaan dan jatuh sakit. Apabila kulit yang diserang radikal bebas mengakibatkan kulit menjadi keriput, timbul flek dan tampak tua, apabila dinding sel saraf yang diserang radikal bebas akan menyebabkan penyakit pikun.

Antioksidan Melawan Radikal Bebas

Istilah antioksidan semakin sering kita dengar akhir-akhir ini, banyak iklan produk makanan atau suplemen kesehatan yang mengemukakan istilah antioksidan tersebut, lalu apakah antioksidan itu?

Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi sel di dalam tubuh kita dari kerusakan dan penuaan yang diakibatkan serangan radikal bebas. Antioksidan memiliki banyak elektron bebas yang dapat diberikan kepada radikal bebas yang kehilangan kestabilannya dan mencari elekron dari sel tubuh kita, sehingga radikal bebas bisa dinetralisir dan tidak menimbulkan dampak yang merugikan.

Radikal bebas adalah atom yang kehilangan satu elektronnya sehingga elektronnya menjadi tidak berpasangan. Elektron yang tidak berpasangan ini menjadi tidak stabil dan berusaha mencaplok elektron dari atom sehat yang ada di sekitarnya. Pencaplokan mana mengakibatkan rusaknya sel-sel tubuh kita.

Segala sesuatu termasuk sel-sel tubuh kita mengalami proses oksidasi. Contoh yang nyata dari oksidasi di dalam kehidupan kita sehari-hari misalnya buah apel yang berubah warnanya menjadi coklat setelah dipotong, atau juga paku yang berkarat setelah terpapar Oksigen. Penuaan kita juga dikarenakan proses oksidasi.

Antioksidan menghambat proses oksidasi di dalam tubuh kita. Sementara sebaliknya radikal bebas meningkatkan proses oksidasi di dalam tubuh kita, merusak sel dan memicu berbagai penyakit bagi tubuh kita, juga penyakit kanker.

Kangen Water Memiliki Nilai ORP Negatif Yang Tinggi.

Mesin Kangen Water produksi perusahaan Enagic Jepang menghasilkan air Kangen dengan nilai ORP negatif yang tinggi (kaya akan antioksidan), menunjukkan air kangen mempunyai khasiat menekan oksidasi dan memperlambat proses penuaan.

Kontak Kami

Salimin Wongso

phone 085313615152
whatsapps 085313615152
instagram saliminwongso
email salimin_wongso@yahoo.com
Slide
Testimoni
Disclaimer

Informasi yang ditampilkan di dalam situs ini dibuat untuk tujuan informasi, bukan dimaksudkan sebagai pengganti diagnosis medis dokter anda. Anda tidak seharusnya menggunakan informasi ini untuk mendiagnosa atau mengobati masalah kesehatan anda tanpa pengobatan dari pihak yang berkompeten. Konsultasikan kesehatan dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menjalankan diet, mengadakan pengobatan atau jika anda merasakan adanya gangguan pada kesehatan anda. Kesaksian-kesaksian  yang ada dalam situs ini adalah pengalaman perseorangan dan tidak menjamin bahwa anda juga akan mendapatkan hasil yang sama.

Pengunjung